Inilah 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat kita Mendengar Adzan

Ketika anda mendengar adzan... sering kali kita sedang asyik dengan kegiatan masing-masing. Padahal ternyata ada 5 amalan yang bisa kita lakukan setiap kali mendengar adzan, dan memiliki keutamaan yang luar biasa berupa syafa'at Rasulullah kelak di hari kiamat: Apa amalan tersebut ?



“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).

1]  Mengucapkan persis seperti apa yang diucapkan oleh mu'adzin.
Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Jika kalian mendengar adzan, maka jawablah seperti yang disampaikan muadzin”. (Muttafaqun ‘alaihi)

2]  Bershalawat untuk nabi Shalallaahu 'alaihi wassalam

3]  Membaca:  Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa, sebagaimana disebutkan dalam hadits Sa’ad bin Abi Waqqash.

4]  Memanjatkan doa sesuai yang diinginkan

5]  Minta pada Allah untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wasilah dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jabir bin ‘Abdillah: Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah…

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang ketika (selesai) mendengar adzan berkata:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

Maka mendapatkan syafaatku pada hari kiamat. [HR Al Bukhari]

Semoga dapat diamalkan ketika mendengar adzan,




Sumber: Al manhaj, Rumaysho

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat kita Mendengar Adzan"

Posting Komentar